Cara Meningkatkan Rasio Konversi E-Commerse Anda Menggunakan Google Analytics

Peningkatan kecil dalam rasio konversi situs web Anda bisa berarti dampak besar pada bottom line perusahaan Anda. Cara terbaik untuk mempengaruhi konversi adalah dengan menggunakan data historis untuk membuat sebuah teori, kemudian uji teori tersebut, ukur hasilnya, dan sesuaikan seperlunya.

Google Analytics adalah alat yang sangat baik yang dapat memberikan data komprehensif untuk bertindak dalam hal ini. Meskipun mereka sekarang menawarkan produk premium berbayar (Analytics 360 Suite), produk dasar fungsional mereka, Google Analytics, masih sangat berguna – dan gratis.

Segmentasi oleh Sumber Lalu Lintas Pengunjung

Memahami hubungan sumber lalu lintas yang merujuk ke konversi sangat penting. Data di balik itu akan menunjukkan kepada Anda di mana untuk memprioritaskan usaha.

Google Analytics memungkinkan pengguna melacak bagaimana, kapan, dan di mana:

  • Bagaimana orang-orang datang ke situs web
  • Saat mereka datang ke website
  • Dari mana mereka dirujuk ke situs web

Melihat data yang berkaitan dengan sumber lalu lintas dengan jalur ini:

Acquisition > All Trafick > Source

Dari situ, Anda bisa menentukan:

Sumber lalu lintas mana yang menghasilkan volume lalu lintas tertinggi

Hal ini mungkin berkorelasi dengan tempat Anda memperoleh konversi paling banyak. Mengetahui hal ini harus mempengaruhi rencana promosi Anda dan seberapa banyak usaha atau uang yang Anda tuangkan ke dalam masing-masing sumber rujukan.

Sumber lalu lintas mana yang memiliki rasio konversi tertinggi dan terendah

Mengetahui sumber mana yang memiliki tingkat konversi terendah akan membantu Anda mengetahui mana yang memerlukan lebih banyak pekerjaan dan usaha – atau bidang apa yang harus berhenti menghabiskan waktu dan uang sebagai bagian dari rencana promosi Anda.

Sumber lalu lintas mana yang memiliki kunjungan paling mahal

Untuk menentukan jawaban atas kueri ini secara akurat, Anda harus menetapkan biaya ke setiap sumber lalu lintas (misalnya biaya iklan, komisi afiliasi, atau bahkan biaya SEO dibagi dengan kunjungan). Sumber rujukan yang cenderung memiliki biaya klik per klik yang mudah diukur (kunjungan) mencakup iklan media sosial, AdWords, dan iklan banner.

Dalam beberapa kasus, biaya per klik yang lebih tinggi menghasilkan lebih banyak konversi. Itulah sebabnya data ini penting untuk menentukan apakah perlu investasi dalam iklan (dan jika jenis tertentu adalah investasi yang lebih baik).

Dengan catatan yang sama, menggunakan fitur Sasaran Google Analytics memungkinkan Anda menetapkan nilai ke setiap konversi. Ini bisa menjadi cara yang berguna untuk mengukur aktivitas non-pembelian, seperti mendaftar untuk mendapatkan pembaruan email atau mengklik tautan “Ikuti Kami di Sosial”.

Sumber mana yang mendapatkan lebih banyak lalu lintas antara ponsel dan desktop

Memiliki lalu lintas rendah di seluler bisa menjadi pertanda buruk karena penggunaan seluler menghasilkan persentase penggunaan internet yang besar. Lalu lintas rendah di seluler kemungkinan besar merupakan hasil situs web Anda yang tidak responsif dan pertanda bahwa Anda perlu mempertimbangkan kegunaan seluler (terutama jika situs Anda mungkin mengalami hukuman interstisial seluler).

No Comments, Be The First!

Your email address will not be published.